Apa Kata Mereka ? GOLDI DARI SURABAYA " Rasanya pengen nangis kemarin waktu ninggalin kalian semua,, maaf ya temen" bila aku punya salah ke kalian semua Good Bye RnB , see you in the top of success in the brighter future, thanks buat pengalaman, kebersamaan, keceriaan kalian, dan support kalian!!! :') Don't Forget Me!!! " AWAL DARI MAKASAR " I miss you RnB hope always succes,,And than thank you RnB..And don't forget me. " MANO DARI MAKASAR " baru2 ki akbrab semua.. nah, berpisah ki lagi.. itulah hidup.. hidup adalah waktu.. " ILA DARI MAKASAR " i found my little family in here, my friendship, love, and happiness. i will miss all about moment in here... PARE UNFORGETTABLE MOMENT " ICAN DARI PONTIANAK " Anggap aku seorang penjual telur asin, aku yakin kalo telur asin ku bakal laris dan banyak yang beli,walau pun banyak pedagang lain yang menjual telur asin juga...Seandainya telur asin ku tidak laku, bukan berarti telur ku kwalitasnya jelek, tetapi aku hanya kurang mempromosikan telur asin daganganku...Besarkan nama RnB bang, jadikan RnB terkenal di mana2.. " JUSSMAN DARI PALOPO " Semuax berbeda, dlu g kenal skrng mnjdi sperti keluarga dan akhirx terpisah lgi....Hal in mmbuat q rindu akan khadiran kalian....Mr. Baydowi, Mr. Asra Carica, Mr. Rian EL-fadl Ugly n Mr. Randy Genji Kepergianku hanyalah untuk kembali. " RIA DARI BANDUNG" Hidup adalah memilih, namun untuk memilih dengan baik, aanda harus tau siapa anda dan apa yang akan anda perjuangkan , kemana anda ingin pergi, dan kenapa anda ingin di sana,,, focus and stay ur way... RnB miss u and someone else .!! " AIMP DARI MADURA " I'm finally back home too but I feel there is left in the pare, pare in this, I found a new life, a new atmosphere, a new spirit,new friends, new sibling, a new experience that I never found before,RnB and LC BOYS Camp two weeks to motivate me more spirit again pursuit of dreams " yuk Buruan Gabung.
 

TERBUKTI, 5 HAL INI AKAN MEMBUAT KAMU JAGO BAHASA INGGRIS

Sumber Gambar : walid-dyn.blogspot.co.id

Untuk bisa Bahasa Inggris, di butuhkan trik-trik tertentu, salah satunya adalah dengan langsung datang di pusat pembelajaran bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare-Kediri JATIM. Bagi kamu yang ingin belajar Bahasa Inggris, ada baiknya kamu harus mengerti dan memahami beberapa poin penting sebelum kamu belajar Bahasa Inggris. Berikut, kami akan menguraikannya satu-persatu dan semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. 

 
1. Niat atau Kemauan Untuk Bisa

Niat adalah kunci utama dalam segala hal, jika kamu memang tidak ada niat atau kemauan dari awal untuk bisa, sampai kapanpun tidak akan pernah bisa. Masih ingat tentang cerita batu yang hancur di tetesin air terus menerus?. gambaran sederhannya adalah, walau sekecil apapun itu, jika ada niat dan kemauan, pasti akan selalu terbuka jalan untuk bisa dalam segala hal, termasuk belajar Bahasa Inggris. Jadi, kunci sukses utama untuk bisa adalah Niat dari setiap peserta itu sendiri. There is a will there is a way. Karna, pernah suatu ketika, ada seorang pemuda yang ingin belajar Bahasa Inggris langsung di pusat pembelajarannya yaitu Kampung Inggris Pare-Kediri. Tapi, nyatanya, setelah proses pembelajaran selama lebih kurang 7 bulan, pemuda tersebut belum bisa berbahasa Inggris, Bahasa Inggrisnya sangat minim. Seharusnya, dengan waktu 7 bulan, pemuda tersebut sudah bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Ternyata, usut punya usut, dari awal si pemuda memang tidak ada keinginan untuk belajar Bahasa Inggris, melainkan, kedatangannya ke Kampung Inggris hanyalah sebuah pelarian. Pemuda tersebut di DO dari kampusnya, hingga akhirnya ia memutuskan Kampung Inggris sebagai tempat pelariannya. Jadi dapat di simpulkah bahwa, niat yang di dasari kemauan dan tekat yang kuat akan membawa siapa saja untuk bisa. Tapi, tanpa adanya niat, walau berusaha bagaimanapun, karna dari awalnya sudah tidak memiliki keinginan untuk bisa, sampai kapanpun hasilnya tidak akan maksimal. Jadi mulailah dengan niat dan tekat yang kuat untuk bisa. Ngomong-ngomong, pemuda tersebut adalah pengalaman pribadi penulis sendiri.

2. Tidak Takut Salah

Dalam proses belajar, tidak ada yang namanya langsung bisa, semua butuh proses dan kegagalan itu adalah proses dari pembelajaran itu sendiri. Banyak orang yang gagal akan sesuatu, karna kebanyakan dari mereka takut salah dan takut untuk mencoba sesuatu. Jika kamu ingin bisa berbahasa Inggris dengan baik dan benar, hal yang harus kamu lakukan adalah mencoba, mencoba dan terus mencoba, jangan pernah berhenti untuk mencoba. Sejatinya, ada 3 proses dalam pembelajaran, yaitu :

A. Do it ( Lakukan )
Banyak orang gagal dalam tahap ini, ingat belajar Bahasa Inggris sama halnya seperti belajar naik sepeda. Untuk bisa bersepeda tentu kita harus mencobanya. Tentu jatuh adalah hal yang biasa, karna setiap orang pasti pernah terjatuh dalam proses belajar menaiki sepeda. Tapi,pertanyaannya adalah, Jika kamu terjatuh, apa yang akan kamu lakukan?. Apakah kamu akan menangis meratapi nasib akan ketidakmampuan kamu dan menyerah begitu saja? atau kamu akan bangkit dan terus mencoba?. Seperti halnya belajar Bahasa Inggris, Jangan takut untuk salah dan teruslah mencoba. Seperti contoh semisal kamu ingin bilang :

Saya tunggu-tunggu kok kamu nggak datang-datang?, yaudah saya pergi jalan-jalan sama teman-teman sambil ngobrol-ngobrol, dan kamu mengucapkannya dalam Bahasa Inggris seperti ini " I'm waiting-waiting you but you not coming-coming so I'm walking-walking and talking-talking with my friends".

Apakah anda salah?, dengan bangga saya menjawab, tentu TIDAK. Kenapa saya menjawab kalo anda tidak salah?. Karna sejatinya belajar suatu bahasa adalah untuk bisa saling mengerti dan saya yakin, walaupun kamu mengatakannya dalam Bahasa Inggris seperti itu, tentu orang juga akan mengerti. Lantas bagaimana perihal tata bahasa atau Grammarnya?. Untuk anda yang pemula atau masih belajar dasar, saya mewajibkan kamu untuk melupakan dulu masalah aturan bahasa atau tata bahasa itu sendiri. Karna nantinya itu akan membuat anda pusing dan takut salah dalam proses belajar, Grammar adalah nomor kesekian untuk bisa, yang terpenting adalah lakukan dulu dan jangan takut salah. Nanti saya akan menjelaskan kenapa Grammar tidak terlalu penting.

B. Do it right ( lakukan dengan benar )
Setelah anda belajar melakukan kesalahan demi kesalahan, tentu anda akan belajar sesuatu yang benar dari kesalahan tersebut. Kok bisa?, sederhananya adalah, ketika anda mengucapkan hal-hal yang berkaitan Bahasa Inggris dengan salah,tentu orang-orang di sekitar anda yang mengerti dan paham tentang Bahasa Inggris itu sendiri akan membantu anda untuk mengoreksi Bahasa Inggris anda, ingat, semakin anda banyak salah, semakin anda banyak belajar sesuatu. dari masukan teman-teman anda ataupun sahabat-sahabat anda, tentu anda akan belajar hal yang benar. Disini anda akan mulai belajar bagaimana cara pengucapan Bahasa Inggris dengan baik dan benar serta bagaimana tata bahasa grammar itu sendiri. jadi, jangan minder untuk terima masukan ataupun kritikan dari orang sekitar anda, toh anda juga dalam proses belajar dan hal wajar jika anda melakukan kesalahan, karna saya jamin, seorang Native Speaker ataupun Bule sekalipun, akan kesulitan juga untuk belajar Bahasa Indonesia, sama halnya dengan kita, ketika kita belajar bahasa mereka.

C. Do it Better ( Lakukan dengan lebih baik lagi )
Setelah proses awal anda hanya asal ngomong dan di perbaiki oleh orang di sekitar anda, tentu anda akan melakukan hal yang baik lagi dari sebelumnya. Itu adalah proses pembelaaran yang sangat penting untuk bisa. Tanpa melakukan kesalahan dan tanpa menerima masukan dariorang lain, tentu kita tidak akan pernah untuk belajar menjadi lebih baik lagi. Setelah anda di proses ini, terus kembangkan kemampuan Bahasa Inggris anda, baik itu mendengarkan lagu kesukaan anda ataupun menonton film bahkan anda bisa mencari teman di jejaring sosial atau sosmed untuk sekedar chatting. yang jelas, jangan pernah puas dan berhenti untuk mencoba sesuatu yang baru, terus asah kemampuan anda dengan selalu mempraktekan apa yang anda bisa.

3. Perbanyak Kosa-kata ( Vocabulary )

Ibarat tubuh manusia, kaki adalah kosa-kata dalam Bahasa Inggris, tanpa kaki manusia tidak bisa berjalan, begitu juga Bahasa Inggris, tanpa kosa-kata kita tidak akan bisa ngomong apa-apa. Kuncinya adalah, semakin banyak kosa-kata yang anda hafal dan pelajari, tentu semakin lancar juga kemampuan berbicara anda. Permasalahan utama yang terjadi adalah, tidak adanya konsisten atau komitmen untuk menghafal. Agar Bahasa Inggris anda menjadi lebih baik, anda harus selalu memperbaiki dan improvisasi kosa-kata yang anda miliki. Buat jadwal dan target perhari, atau minimal perminggu, berapa banyak kosakata yang ingin anda hafal. Dan juga jangan lupa, setelah anda menghafalkannya, selalu praktek dalam pengucapan atau penulisan, karna begitu banyak orang yang menghafal kosa-kata, tapi sesaat mereka cepat lupa. Untuk mengingat kosa-kata dalam jangka waktu lama, tentu anda harus konsisten menerapkannya dan selalu praktek dalam kegiatan sehari-hari. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam penguasaan pembendaharaan kosa-kata, di antaranya adalah :

A. Mulailah dari hal yang Kecil
Buatlah daftar list seputar kosa-kata yang ingin anda hafal, anda bisa memulai menghafal kosa-kata berkaitan dengan seputar anggota tubuh atau benda-benda yang ada di sekitar anda. Misalnya di dalam kamar tidur, kamar mandi atau toilet, prabotan rumah dan kegiatan sehari-hari, dari anda bangun tidur hingga beraktifitas sampai malam hari. Karna hal itu adalah yang anda lakukan dan jumpai setiap harinya. Ingat, mulailh dari hal yang kecil dan konsisten. Terus lakukan hal itu, dan setelah anda mencoba menghafal beberapa kosa-kata yang berkaitan di sekitar anda, gunakanlah dalam praktek sehari-hari, bisa dalam bentuk langsung berbicara sendiri atau dalam bentuk tulisan. Hal ini bertujuan, agar anda bisa menjaga ingatan anda dan kosa-kata yang telah anda hafal tidak akan mudah lupa. Semakin anda terus praktek menggunakan kosa-kata yang telah anda hafal, maka ingatan anda akan semakin lama mengingatnya.

B. Jangan terfokus dengan Idiom atau Slang
Untuk menghafal kosa-kata, ada baiknya dan sangat kami anjurkan untuk anda tidak terlebih dahulu menghafal langsung keranah ungkapan atau bahasa gaul sehari-hari. Hal ini di karnakan, kondisi anda yang masih pemula dan baru belajar di tambah ungkapan-ungkapan seputar Idiom atau Slang banyak yang membingungkan untuk pemula, semisal " Blue monday ", anda tidak akan mengartikannya hari senin yang biru bukan?, melainkan maksudnya adalah hari senin yang membosankan atau senin kelabu. Tentu, ungkapan sederhana tersebut, sangat membingungkan bagi banyak pemula dalam proses belajar. Karna sejatinya, ungkapan seputar Idiom ataupun Slang, memiliki makna yang berbeda dan tidak bisa di artikan satu persatu. belum lagi seputar Idiom ataupun Slang saat ini, banyak pelajar yang sedang belajar Bahasa Inggris dengan bangganya menggunakan itu. Faktanya, tidak semua Idiom dan Slang dapat di mengerti semua orang dan bahkan seorang Native Speakerpun belum tentu mengerti ( pengalaman penulis ). Ingat, kembali ketujuan awal belajar bahasa, yaitu untuk bisa memahami dan di pahami. Belum lagi seputar Idiom dan Slang yang tidak update, karna nyatanya, banyak pelajar yang menggunakan Idiom dan Slang tapi itu adalah ungkapan-ungkapan yang sudah tidak di gunakan lagi atau sudah tidak update. Logikanya, Bahasa Inggris, sama halnya dengan Bahasa Indonesia dan tentu, kita juga memiliki ungkapan sehari-hari atau bahasa gaul sendiri, semisal Capek deh atau kasian deh lo. Tapi nyatanya, ungkapan atau bahasa gaul tersebut sudah telah di gunakan dahulu pada masa lama sekali di era awal 2000an, dan faktanya saat ini, ungkapan tersebut mulai tertinggalkan dan saat ini kita mengenal istilah bahasa gaul yang baru lagi. Jadi, hemat penulis, jangan terlalu fokus dengan ungkapan atau istilah-istilah Idiom atupun Slang, karna bisa jadi, apa yang kita hafal dari buku yang beredar, itu adalah ungkapan yang sudah lama sekali dan tidak berlaku hingga saat ini, ingat, sejatinya bahasa tentu akan terus mengalami perubahan sesuai zamannya.

4. Listening

 Listening adalah salah satu kunci terpenting untuk belajar Bahasa Inggris. Ibaratkan bayi yang baru belajar suatu bahasa, maka dia akan memulainya dengan listening. Ketika kita terbiasa mendengar walau tidak mengerti akan maksudnya, lambat laun kita akan paham akan maksud dan tujuannya. Sama halnya dengan seorang bayi tadi, walau si bayi tidak mengerti apa yang di ucapkan oleh kedua orang tuanya semisal ketika si ibu memperkenalkan sang ayah kepada si bayi, sudah pasti awalnya si bayi tidak akan mengerti, tapi kenyataannya, lambat laun karna sudah terbiasa mendengarkan hal yang sama berulang kali, maka si bayi akan paham dan mengerti maksudnya. Begitupula  dengan kita, ketika kita belajar Bahasa Inggris. Mulailah terbiasa dengan mendengarkan hal-hal yang berkaitan dengan Bahasa Inggris, anda tidak perlu harus langsung mendengarkan tentang percakapan sehari-hari, atau langsung menonton movie, tetapi anda bisa memulainya dengan apa yang anda sukai, semisal mendengarkan lagu. Ketika memulai tahap listening, anda jangan terfokuskan langsung untuk memahami maksud dan artinya, melainkan biasakan saja dulu untuk mendengarkannya secara berulang kali. Setelah anda terbiasa mendengarkannya, baru anda memulai untuk mencatat kosa-kata yang anda tidak mengerti. Ingat, sejatinya listening sangat mempengaruhui kemampuan anda dalam belajar Bahasa Inggris, dengan listening suatu audio atau video seputar Bahasa Inggris, maka anda akan mendapatkan banyak hal, seperti :

A. Kosa-kata baru
Ketika anda listening suatu audio ataupun menonton sebuah video yang berkaitan dengan Bahasa Inggris, maka Anda harus mempersiapkan buku kesil sebagai buku catatan anda, yang mana ketika anda dalam proses listening, jika ada beberapa kosa-kata yang anda tidak pahami, anda bisa mencatatnya dan mencari maknanya di kamus. Tentu nilai lebih dari listening yang anda lakukan, tidak hanya mendapatkan kosa-kata baru sebgai pembendaharaan kosa-kata anda, melainkan anda juga mengerti cara penggunaannya dan kapan kata tersebut harus di gunakan.

B. Pronunciation ( Cara Pengucapan )
Pronunciation adalah hal yang sangat sensitive dalam Bahasa Inggris itu sendiri, karna salah pronunciation atau pengucapan maka akan salah juga maknanya. Banyak kosa-kata Bahasa Inggris yang pengucapannya hampir sama persis dan sangat berbeda maknanya, seperti contoh sederhana yaitu antara pengucapan Three ( Tiga ) dengan Tree ( Pohon ), tentu untuk pemula, hal ini sangat membingungkan. Jadi sisi pentingnya listening adalah, anda bisa belajar langsung cara pengucapan yang benar sesuai native speaker atau bule.

C. Speaking
Untuk melatih speaking anda, mulailah listening audio atau video conversation ( pembicaraan ) yang sederhana dan mudah di pahami, jangan langsung listening movie yang mana sangat sulit untuk di mengerti bagi pemula, yang ada nantinya adalah, anda tidak sedang menonton dan listening movie tersebut, melainkan anda membaca film, karna anda tidak mengerti, di tambah untuk tingkatan movie merupakan level yang sangat berat dan sukar bagi pemula yang baru belajar Bahasa Inggris. Jadi mulailah listening Conversation yang mudah di pahami dan di mengerti, seperti conversation anak-anak atau kartun, selain bahasanya masih bahasa yang ringan dan mudah di mengerti, dan juga cara pengucapannya sangat pelan sehingga memdahkan kita untuk memahaminya. Setelah anda terbiasakan mendengar audio ataupun video conversation, saatnya anda mempraktekkan apa yang sudah anda dengar atau tonton tadi.

D. Grammar
Dari kebiasaan listening, kita juga bisa mempelajari seputar tata bahasa atau grammar. sudah barang tentu, ketika kita listening audio atau video, maka native speaker yang kita dengar akan menggunakan grammar yang benar sesuai penutur tata bahasa asli mereka.

 5. Praktek Dalam Kegiatan Sehari-hari

Banyak orang yang mengeluhkan seputar cara pengaplikasian penggunaan Bahasa Inggris sehari-hari. banyak di antara mereka mengelukan dan kesulitan untuk praktek di karnakan tidak ada teman untuk praktek berbicara. Padahal, untuk praktek sehari-hari, anda tidak perlu dan selalu harus membutuhkan partner atau rekan, nyatanya anda bisa kok praktek sendiri. Semisal, berbicara sendiri di depan cermin, secara tidak langsung, anda akan langsung memahami intonasi serta mimik wajah atau ekspresi anda ketika berbicara. Atau ketika anda lagi nyantai seorang diri, buatlah beberapa topik yang ingin anda bicarakan, di mulai dari topik sederhana yang anda sukai. Misalnya, topik yang ingin anda bicarakan adalah, kenapa anda terlahir ganteng atau cantik? ataupun apa yang akan anda lakukan jika berjumpa dengan artis idola anda?, mulailah dari beberapa topik sederhana tersebut, tidak masalah walau topik anda sedikit nyeleneh, toh ini sebagai bahan untuk penyemangat anda untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Jadi, ketika anda praktek berbicara, gunakan seputar kosakata yang sudah anda kuasai untuk membantu topik pembicaraan tersebut, nantinya ketika ada kosakata yang anda tidah tahu Bahasa Inggrisnya, mulailah catat kedalam list kosa-kata baru yang harus anda hafalkan atau kuasai. Dengan begitu, anda bisa praktekin Bahasa Inggris anda tanpa harus menunggu orang lain untuk membantu anda. Ingat, bisa karna terbiasa, jadi biasakan untuk selalu menggunakan Bahasa Inggris.

Jumlah Komentar

Author

RnB English Course

0   komentar

Cancel Reply