-->

Penelusuran

8 Alasan Utama, Pentingnya Bahasa Inggris

8 Alasan Utama, Pentingnya Bahasa Inggris
Education Kampung Inggris Motivasi Umum
Ringkasan:

Penjelasan Detail




Di zaman MEA ( Masyarakat Ekonomi Asean ) saat ini, tak bisa di pungkiri lagi jika Bahasa Inggris merupakan salah satu tolak ukur dasar yang harus di kuasai. Semakin berkembangnya era globalisasi, kebutuhan akan Bahasa Inggris menjadi prioritas utama yang harus dikuasai. Sayangnya, banyak pemuda-pemudi generasi penerus Bangsa ini, sedikit  kurang menyadari akan pentingnya Bahasa Inggris. Di sekolah-sekolah bahkan di Kampus, Bahasa Inggris seolah-olah menjadi momok dan penyakit yang harus di hindari. Faktanya, banyak sarjana-sarjana muda yang tidak memiliki basic skill Bahasa Inggris. Dan ironisnya, mereka akan mengalami kendala ketika ingin mencari kerja ataupun melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.


Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan beberapa faktor akan pentingnya belajar Bahasa Inggris.

1.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Bisnis

Tidak bisa di pungkiri, segala hal yang berkaitan dengan bisnis, kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris adalah hal wajib yang harus dimiliki. Jika kamu berniat untuk bekerja di perusahaan ternama, baik itu lokal ataupun skala internasional, kemampuan Bahasa Inggris adalah tolak ukur utama dan sebagai standar persyaratan yang harus dikuasai. Di lain sisi, terbukanya banyak peluang kerja dan tawaran gaji yang lebih besar pasti sangat menggiurkan bagi para job seeker ( pencari kerja ).

2.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Dunia

Jika kalian yang suka berpetualang keliling dunia, Bahasa Inggris merupakan Bahasa utama yang harus kalian kuasai. Semisal ketika kalian ingin berpetualang ke Jepang, tanpa harus mempelajari dan menguasai Bahasa Jepang, dengan kemampuan Bahasa Inggris, kalian akan bisa dan mudah untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Pasti akan sangat lucu dan sulit sekali untuk berkomunikasi, jika kalian hanya mengandalkan kemampuan bahasa tubuh.

3.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Pemerintahan

Di PBB ( Persyarakatan Bangsa-Bangsa ), bahasa resmi yang di gunakan adalah Bahasa Inggris dan Bahasa Francis. Untuk menjalin hubungan antar sesame Negara, para pemipin di seluruh dunia berkomnikasi menggunakan Bahasa Inggris. Dalam pembuatan kebijakan ataupun sebagainya, Bahasa Inggris menjadi alat pemersatu antar bangsa. Jadi, jika kalian berniat bekerja di Kedubes ataupun sebagai seorang penerjemah, sudah barang tentu, kalian harus menguasai Bahasa Inggris.

4.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Kedua

Satu-satunya bahasa yang paling banyak di gunakan selain Bahasa Inggris adalah Bahasa Mandarin. Akan tetapi, sejauh ini, Bahasa Inggris tetap mendominasi dan menjadi satu-satunya bahasa yang paling sering di gunakan di seluruh dunia selain Bahasa Ibu. Faktanya, India memiliki 780 jenis bahasa yang di gunakan, tapi untuk menyatukan seluruh masyarakat yang ada, Bahasa Inggris menjadi salah satu alat yang di gunakan untuk berkomunikasi.

5.       Bahasa Ingris adalah Bahasa Informasi

Lebih dari 10 juta website ternama di dunia, yang mana setengahnya menggunakan Bahasa Inggris untuk memberikan informasi. Banyak para ahli yang menjadikan website yang bertuliskan Bahasa Inggris menjadi rujukan utama untuk mencari informasi. Apa jadinya jika kita selalu hanya tergantungan dan mengandalkan kepada Google Translate yang penerjemahannya selalu tidak baku dan terstruktur?. Kemungkinan besar informasi yang di dapat tidak relevan ataupun tidak nyambung.

6.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Perfilm-an

Banyak di antara kita yang lebih suka menikmati film Holywood ketimbang film karya anak bangsa sendiri. Hal ini kemungkinan disebabkan karna film luar lebih masuk akal dan alur ceritanya terbilang alami. Semisal film horror yang ada karya anak negri, alur cerita yang di tampilkan hanya kisaran 30% saja, sisanya lebih mempertontonkan adegan dewasa. ( ini bukan karna penulis tidak menghargai karya anak negri, karna tetap, faktanya banyak juga karya anak negri yang bagus dan mendunia ). Kembali ke pembahasan, banyak di antara kita yang asik menikmati film Holywood, tapi nyatanya adalah, kita tidak menonton film melainkan membaca film.

7.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Ulama

Mungkin sedikit aneh dengan judulnya dan kok bisa?. Sedikit kita kembali mengenang sejarah 9/11. Pada saat peristiwa 9/11, tak bisa di pungkiri, Ummat Islam di kambing hitamkan, banyak terjadi deskriminasi dan sebagainya. Tapi, beriringnya waktu, banyak orang yang bertanya-tanya dan penasaran, apa itu Islam?. Dan uniknya, banyak orang yang berbondong-bondong memeluk Islam. Sudah barang tentu, rasa penasaran dan keingintahuan mereka akan Islam, harus mendapatkan jawaban yang jelas, dan salah satu tugas para Ulama yang sangat berperan penting untuk menjelaskannya kepada dunia tentang Islam itu sendiri agar tidak terjadi kesalahpahaman pengertian. Bayangkan, apa jadinya jika ada seseorang yang ingin mengetahui tentang Islam dari kalangan Barat, dan kita tidak bisa menjelaskannya di karnakan hanya faktor bahasa?.

8.       Bahasa Inggris adalah Bahasa Strata Sosial

Dengan kemampuan berbahasa Inggris, banyak kaum muda yang merasa bangga. Tapi benar adanya, dengan bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris, setidaknya anda akan menjadi pusat perhatian di kalangan masyarakat. Walaupun banyak juga yang beranggapan kalau hal tersebut adalah sebuah kesombongan. Tapi nyatanya, argumen tersebut di tuturkan oleh orang-orang yang sebagiannya tidak memiliki kemampuan yang anda miliki. Uniknya, minimal dengen kemampuan Bahasa Inggris yang anda miliki, anda bisa meng-update status jejaring sosial tanpa menggunakan Google Translate ataupun tradisi budaya copy paste lagi.

0 Response to "8 Alasan Utama, Pentingnya Bahasa Inggris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel